Daftar Umrah
> Klik Daftar Umroh <
Call: Early | Fais | WA

Badal Haji 2019

paket badal haji 2019 murah arfa tour

wa arfa tours

Badal Haji dan Hukumnya Dalam Islam

Badal haji adalah salah satu topik yang pernah ditanyakan seseorang kepada Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz. Beliau pernah ditanyai tentang bagaimana jika seseorang mati namun ia belum berhaji dikarenakan miskin, sakit, atau lainnya.

Apakah wajib hukumnya untuk membadalkan haji (menghajikan)? Maka beliau pun menjawab bahwasanya ketika seseorang tersebut mati, maka ada dua keadaan yang pernah terjadi.

Hukum Badal Haji Bagi Orang Mampu Yang Sudah Meninggal

Keadaan pertama adalah jika seseorang yang meninggal tersebut selama hidupnya adalah orang yang mampu untuk berhaji dengan harta dan badannya, maka bagi ahli warisnya adalah wajib untuk menghajikan almarhum tersebut dengan hartanya.

Almarhum adalah contoh orang yang mampu semasa hidupnya, akan tetapi tidak menunaikan kewajibannya. Membadalkan haji orang seperti ini hukumnya wajib, walaupun almarhum tidak pernah berwasiat untuk dihajikan. Namun, jika wasiat tersebut ada, maka ini berarti hukumnya lebih wajib, sebagaimana Allah SWT telah berfirman:

Tak hanya itu, terdapat pula hadits shahih menyebutkan tentang seorang laki-laki yang bercerita pada Nabi Muhammad SAW bahwa ia memiliki kewajiban untuk segera ditunaikan kepada Allah ketika Ayahnya sedang berada di usia senja, tidak dapat melakukan haji, juga tidak mampu berjalan-jalan.

Ia pun bertanya pada Rasulullah bagaimana yang harus dilakukan, apakah harus menghajikannya atau tidak. Maka Rasulullah pun menjawab untuk menghajikan ayahnya tersebut dan mengumrohkannya. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Ahmad dan An Nasai.

Dalam hadits tersebut, diceritakan bahwa kondisi ayahnya adalah sudah tua, dengan sulit melakukan safar dan rangkaian ibadah haji.

Hadits lainnya tentang badal haji diriwayatkan oleh Ahmad dan Muslim. Suatu ketika, seorang wanita bertanya pada Rasulullah mengenai ibunya yang bernadzar untuk berhaji. Akan tetapi, nadzar tersebut belum terpenuhi sampai sang ibu meninggal dunia.

Wanita tersebut kemudian bertanya bagaimanakah hukumnya. Lalu, Rasulullah pun menjawab untuk melakukan haji bagi ibunya.

Hukum Haji Dibadalkan Bagi Orang Miskin Yang Sudah Meninggal

Apakah badal haji harus dilakukan jika seseorang meninggal dunia, ketika semasa hidupnya ia adalah orang yang miskin dan tidak mampu berhaji, dengan kondisi tubuhnya yang tua renta? Kondisi seperti ini masih disyari’atkan bagi keluarga baik anak laki-laki atau anak perempuan untuk melakukan haji untuk orangtuanya tersebut.

Hal ini dijawab dalam hadist Ibnu ‘Abbas, ketika Rasulullah mendengar seseorang berkata bahwa ia memenuhi panggilan Allah untuk mewakili Syubrumah. Lalu, Rasulullah bertanya siapa Syubrumah tersebut, dan lelaki tersebut pun menjawab bahwa Syubrumah adalah kerabatnya.

Maka, Rasulullah pun kembali bertanya apakah lelaki tersebut telah melakukan haji untuk dirinya sendiri, namun ia mengatakan belum. Sehingga, Rasulullah pun mengatakan bahwa ia harus menghajikan dirinya sendiri, lalu kemudian menghajikan dirinya untuk Syubrumah.

Hadits tersebut diriwayatkan Abu Daud. Jika mempelajari dari dua riwayat di atas, penting untuk diketahui bahwa menghajikan oranglain adalah boleh, baik dalam haji wajib atau juga haji sunnah.

Allah SWT juga berfirman dalam surat An Najm ayat 39. Dalam surat tersebut, Allah mengatakan bahwa manusia tidak akan memperoleh selain dari apa yang telah ia usahakan sendiri. Artinya, jika amalan tersebut adalah amaan yang kita lakukan dengan niat untuk mengganti amalan yang seharusnya dilakukan oleh oranglain dengan niat sebagai pengganti, maka amalan tersebut dinilai bermanfaat.

Hal ini sama seperti bagaimana doa dan sedekah yang diberikan saudara kita dan diniatkan untuk kita ketika kita sudah meninggal dunia.

Itulah informasi tentang hukum badal haji, semoga bermanfaat! Wallahu alam bisshowab.

Paket Badal Haji 2019 Arfa Tour

Arfa Tour menyediakan Paket Badal Haji 2019 dengan biaya terjangkau hanya Rp 11,000,000 khusus untuk Anda jamaah yang senantiasa ingin menunaikan kewajiban ibadah Haji untuk almarhum / almarhumah tercinta.

paket badal haji 2019 murah arfa tour

wa arfa tours
 

umrah murah
umrah murah

© 2019 - Arfa Tour. All Rights Reserved